LET's

Jumat, 20 Januari 2012

Perbedaan Metode, Model dan Pendekatan Pembelajaran :

Perbedaan Metode, Model dan Pendekatan Pembelajaran :


A.    Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu:
(1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan
(2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).
pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach). menurunkan strategi pembelajaran langsung (direct instruction), pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori, sedangkan pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) menurunkan strategi pembelajaran diskoveri dan inkuiri serta strategi pembelajaran induktif yakni pembelajaran yang berpusat pada siswa, 

B.     Model Pembelajaran
Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Berkenaan dengan model pembelajaran, Bruce Joyce dan Marsha Weil (Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990) mengetengahkan 4 (empat) kelompok model pembelajaran, yaitu: 
(1) model interaksi sosial; 
(2) model pengolahan informasi;
(3) model personal-humanistik; dan 
(4) model modifikasi tingkah laku. Kendati demikian, seringkali penggunaan istilah model pembelajaran tersebut diidentikkan dengan strategi pembelajaran.
biasanya model ini memiliki tahapan-tahapan tertentu pada pelaksanaan pembelajaran
C.     Metode pembelajaran
Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya:
       (1) ceramah;
       (2) demonstrasi;
       (3) diskusi;
       (4) simulasi;
       (5) pengalaman lapangan;, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar