A.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran dapat diartikan sebagai titik
tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada
pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di
dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran
dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran
terdapat dua jenis pendekatan, yaitu:
(1) pendekatan pembelajaran
yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach)
dan
(2) pendekatan pembelajaran yang
berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).
pendekatan pembelajaran yang
berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).
menurunkan strategi pembelajaran langsung (direct instruction),
pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori, sedangkan pendekatan
pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered
approach) menurunkan strategi pembelajaran diskoveri dan inkuiri serta
strategi pembelajaran induktif yakni pembelajaran yang berpusat pada siswa,
B.
Model Pembelajaran
Model
pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang
tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan
kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu
pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Berkenaan dengan model
pembelajaran, Bruce Joyce dan Marsha Weil (Dedi Supriawan dan A. Benyamin
Surasega, 1990) mengetengahkan 4 (empat) kelompok model pembelajaran, yaitu:
(1) model interaksi sosial;
(2) model pengolahan informasi;
(3) model
personal-humanistik; dan
(4) model modifikasi tingkah laku. Kendati demikian,
seringkali penggunaan istilah model pembelajaran tersebut diidentikkan dengan
strategi pembelajaran.
biasanya model ini memiliki tahapan-tahapan tertentu pada pelaksanaan pembelajaran
C. Metode
pembelajaran
Metode
pembelajaran dapat diartikan sebagai cara
yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam
bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat
beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan
strategi pembelajaran, diantaranya:
(1)
ceramah;
(2)
demonstrasi;
(3)
diskusi;
(4)
simulasi;
(5)
pengalaman lapangan;, dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar